cerpen Cinta kaya' di sinetron


CINTA KAYAK
di SINETRON




Ayunda (Work) > Guna (Work)
“kamu nih masih kontak sama Rere? Mau mbanter lagi?” sent 20/7/2012 8:23:59 pm
Guna (Work) > Ayunda (Work)
“emang kenapa sih yaang?” sent 20/7/2012  8:24:32 pm
“keliataannya gak cuman akuu deh yang mbanter” sent 20/7/2012  8:25:01 pm
Ayunda (Work) > Guna (Work)
√ “kmu kmren2 janji gak mbanter2 tapi buktinya kamu masih ngontact2 Rere di twitter juga” sent 20/7/2012 8: 25:20 pm
“emange aku mbanter mbek sopo? Koe yaa sing mbanter neng bbm okeh wedok an termasuk Rere. Koe opo ra mikir aku to ndeess?” sent 20/7/2012 8:26:35 pm
PING!!
PING!!
Guna (Work) > Ayunda (Work)
“woles to ndess” sent 20/7/2012 8:45:00 pm
“saiki gelemu piye?” sent 20/7/2012 8:45:10 pm
Ayunda (Work) > Guna (Work)
“aku meh jaluk putus” sent 20/7/2012 8:45:30 pm
Guna (Work) > Ayunda (Work)
“yo wis kita putus” sent 20/7/2012 8:50:10 pm

“Mbak Yunda, ada yang nyari!” teriak suara Madell.
“Ha? Siapa, Del?” Ayunda meletakkan bbnya dan segera keluar dari kamarnya lalu turun ke ruang tamu. Sebelumnya sudah berpapasan dengan adik keduanya, Tisa, yang mengatakan kalau yang mencari Yunda adalah Imam, teman satu masjid yang rajin ikut kegiatan yang diadakan di masjid. Yunda bertanya-tanya kenapa dia yang dicari-cari orang masjid, padahal dia sendiri tidak pernah ke masjid.
“Malem mbak Ayunda.” Sapa cewek disamping cowok yang dimaksud Tisa.
“Eh, Dian. Hai.” Sapa Yunda ke cowok yg kurang kenal disamping Dian.
“Mbak, ini Imam. Baru pindah dari Potianak. Sekarang dia ikut kegiatan masjid. Gini mbak, aku sama Imam perwakilan dari remaja masjid mau minta tolong sama mbak Ayunda untuk bantu pesantren kilat di masjid soalnya sebentar lagi kan masuk bulan puasa.”
“Oh, gitu. Ya udah deh. Boleh-boleh aja kok. Ini Imam ya? Hai.” tanya Yunda.
“Iya mbak. Dia masuk 1 SMA tahun ini. SMA-nya Mbak Yunda lho.” Cengir Dian.
“Oh.” Yunda hanya bisa senyum-senyum, karena waktu untuk bertamu ‘gak tepat, batinnya.
“Yaudah mbak, kami pulang dulu. Masih suruh ngabarin yang lain. Makasih mbak Ayunda. Asalamualaikum” salam Dian. Imam jug memberi salam.
“Sapa tamunya, Yunda? Kok gak dikasih minum?” tanya mamanya setelah Dian dan Imam pulang.
“Oh, gak usah. Sebentar doang kok. Dian sama Imam, temen masjid. Minta tolong bantu pesantren kilat. Udah ah, aku mau belajar lagi.” Lanjut Yunda masuk ke kamar.
*****
“Aduh kebiasaan deh. Terlalu sering telat tapi kok ‘gak dihukum ya?” kata gadis berambut panjang sebahu.
“Yunda emang kebiasaan gitu kali. Ntar juga bisa lari walaupun punya badan kecil.” Jawab gadis sasak cepak yang dibajunya tersemat pin merah putih garuda.
“Gak gitu juga ga kali, Ris. Masalahnya tugas powerpoint dia yang bawa. Kamu sih nyantai banget.”
“Karis gitu loh.” Sambil menjulurkan lidah.
Dari jauh terlihat badan kecil mungil berjalan dengan langkah cepat.
“Nah, tu dia.” Kata gadis berambut panjang sebahu.
“Hai. Nunggu aku ya?” tanya Ayunda dengan santai padahal sudah bel masuk sekolah.
“Yaiyalah, Yunda.” Jawab gadis berkerudung dan gadis berambut panjang.
“Kalo bukan tugas powerpoint, kita ‘gak bakalan nunggu kamu, Yunda.” Tambah gadis bermabut panjang.
“Iiih jahat kamu, Put.” Kata Ayunda.
“Masuk yuk. Tuh gurunya ‘dah dateng.” Ajak Karis.
Jam pelajaran berlangsung. Cerita di dalam kelas di skip. J. Sampai di jam istirahat.
Ayunda duduk manis di kelas. Mendengarkan musik dari Blackberrynya  menggunakan earphone pinjaman milik Karis. Karis menghampiri bersama Putri dan Nita.
“Heh, anak galau. Masalah apalagi nih sekarang?” tanya Karis.
“Tau tuh. Masalah mulu. Berantem mulu isinya. Udah tinggalin aja. Ababil juga.” tambah Putri. Lalu Putri dan Nita bercerita sendiri-sendiri.
“Kar, tau nggak? Tadi malem aku minta putus. Nih tak liatiin bbmnya Guna. Kamu masih inget ‘kan yang aku cerita Rere anak X-2 itu ternyata masih dicontact sama Guna. Iih jahat banget yo, Kar.” Sambil mengotak-atik Blackberrynya dan lajut, “Nih, baca. Dua kali aku di boongin sama dia ternyata aku diduain. Maksudnya gimana coba?”
Karis asyik membaca bbm Ayunda dengan khidmat.
“Dia gak mikir perasaanku. Bilang putus jam 8 eh jam 9 masih nge-bbm aku bilang balikan ya aku wes turu to ya. Aku hitung udah 2 kali dia boong sama aku lho, Kar. Itu yang ketauan, belum yang lain. Kontak bbmku yang cowok-cowok udah dihapus semua sama Guna. Yang tinggal paling-paling cuma Tristan, Rendi dah temen-temen kelas kita tok. Padahal ada Fadil lho, Kar anak Smansa. Dia nembak aku di bbm aja gak tak trima, eh Guna malah marah-marah. Gak jelas banget.” Jelas Ayunda.
“Trus? Jadi balikan?” tanya Karis masih melihat BB Ayunda.
“Belum tak jawab.”
“Lha kamu mau balikan sama dia lagi enggak? Yang teges dong Ayunda.” Kata Karis akhirnya meletakkan BB Ayunda lanjut,”Kalo kamu aja nggak bisa teges, ya dia malah tambah seenaknya sama kamu. 7 bulan lebih tapi kalo isinya putus, nyambung, berantem mulu gak maju-maju, Yunda.”
“Tadi malem aku juga cerita sama Tisa, malah Tisa nge-bbm Guna ik. Bayangke, Kar.”
“Gah men aku kon mbayangke wong tukaran, amit-amit wae.”
“Iih sumpah ya itu tu Tisa berantem sama Guna ngantek kebun binatang iso keluar kabeh ik, Kar. Aku udah nyuruh Tisa buat end chat tapi tetep diterusin. Aku sampe buat status di twitter lho, Kar.”
“Ah, udah deh. Yang penting kalo kamunya teges dia bakal lebih ngehargaiin kamu kok, Yunda.”
KRRIIIIIIIINNGG.... jam pelajaran 7-8 segera dimulai.
*****
Pulang sekolah, Karin pulang bareng dengan Ayunda dan Nia. Sebelumnya Guna sempat menghampiri Ayunda dan mengobrol sebentar tanpa ekspresi apapun yang terlihat. Guna dan Ayunda mengobrol sambil berjalan menuju tempat parkir lalu akhirnya pulang. Guna mendahului bersama Rendi dan Rio.
“Kenapa, Yun? Mukamu gak enak.” Tanya Nia.
“Itu to minta balikan itu.” Jawab Ayunda.
“Trus kamu mau?” tanya Karis.
“Yah iya lah. Udah yuk pulang. Panas nih.” Ajak Ayunda.
Mereka pulang beriringan di jalan. Saat Nia dan Ayunda akan menyeberang, mobil dari arah berlawanan melindas bagian belakang motor yang di tumpangi Nia dan Ayunda. Seketika orang-orang disekitar menolong mereka. Termasuk Karis yang menghentikan motornya di tengah jalan untuk menolong Nia dan Ayunda. Orang-orang menolong mengantar mereka ke tepi jalan dan motor yang ditumpangi Nia dan Ayunda.
“Kamu gak pa-pa Yunda? Nia kamu luka-luka? Bodoh banget si tu mobil. Gak liat ya kalo ada yang mau nyebrang.” Khawatir Karis.
“Gak pa-pa kok, Kar.” Jawab Nia. Ayunda  mengiyakan.
“Tapi motorku, aduh gimana nih bilang sama papa mama.” Kata Ayunda.
Tiba-tiba datang seorang cowok agak kurus dengan wajah sedikit berjerawat di bagian pipi.
“Loh, Mbak Ayunda kenapa? Abis tabrakan? Gimana keadaannya sekarang mbak?” tanyanya.
“Oh, Mas Erwin. Udah gak pa-pa kok mas. Cuma motor lecet dikit.” Jawab Ayunda.
“Trus motornya mau ditinggal aja? Pulang bareng aku gak pa-pa kok mbak.” Kata Erwin.
“Iya Yun, kamu pulang sama Erwin aja, Karis kan gak bisa nebeng bertiga.” Nia sepakat dengan Erwin, Karis mengiyakan.
“Yaudah deh.” Erwin menyalakan motor lalu Ayunda membonceng dibelakang. Motornya sudah dititipkan ke toko jamu depan jalan. Lalu Nia dan Karis mengikuti dibelakangnya.
*****
Karis (Work) > Ayunda (Work)
“ayuuunndaa, soryy aku telat ke rumahmu, baru bangun nih. Skrg aku lagi otw ke rumahmu” sent 30/7/2012 3:40:55 pm
Ayunda (Work) > Karis (Work)
“gaak paapaa, Kar. Aku baru ngajar ngaji di masjid.” sent 30/7/2012 3:45:30 pm
Karis (Work) > Ayunda (Work)
“oh, lagi ngajar ngaji? Bisa ngaji kamu? Hehe just kid...okeoke yaudah besok aja lak wis pergine. Aku juga pas ada latihan sih. Yaudah deeehh yuundaa.” sent 30/7/2012 3:50:01 pm
*****
Guna (Work) > Ayunda (Work)
PING!!
PING!!
Ayunda (Work) > Guna (Work)
“apaa sayaang? Jsent 3/8/2012 10:30:01 pm
Guna (Work) > Ayunda (Work)
“kita putus aja ya” sent 3/8/2012 10:30:15 pm
Ayunda (Work) > Guna (Work)
“yakin? Gak nyesel? Yaudah okeoke aja kita temenan..udahan dulu aku mau istirahat” sent 3/8/2012 10:30:19 pm
Guna (Work) > Ayunda (Work)
“haha keliatannya kamu yg bakalan nyesel kok yunda, kan kamu yang sering mbanter2 sama cowok lain slain aku” sent 3/8/2012 10:50:20 pm
“yaudah sleep tight yaah” sent 3/8/2012 10:51:00 pm
*****
Seperti biasa, dikelas Karis sudah membuka buku dan menghampiri teman-temannya untuk mengerjakan pr. Nita sudah mengerjakan pr akuntansi lalu bukunya dipinjam Putri dan Windu, lalu mengerjakan pr lain. Saat itu datanglah Ayunda dengan wajah berseri-seri.
“Kariiiss!” sapa Ayunda semangat. Otomatis Karis menoleh dan heran.
“Gak biasanya. Lagi bahagia ya?” tanya Nita.
“Hah? Enggak juga. Biasa aja. Tapi sedikit ding. Hehe” jawab Ayunda.
“Ceritain dong. Tumben-tumbenan bisa bahagianya segitu.” Tambah Putri.
“Emmm...tadi malem Guna minta putus. Tapi yang tadi malem itu mungkin untuk yang terakhir, soalnya kalian tahu sendiri. Kita kan udah kelas 3, dan aku udah capekpek ngurusin sifatnya yang nggak mau ngerti dan pengen menang sendiri. Dia aja sering nggabur-nggabur aku. Bukannya sms aku tapi malah mention-mentionan sama cewek di twitter. Yo aku wes males to yo. Tapi anehnya aku gak ngrasa sedih ditinggal gitu ik. Aku malah biasa aja. Kan dulu sering to kalo aku diputus mesti nangis-nangis malem-malem.” Jelasnya.
“Emang iya malem-malem nangis? Ketog.e di sekolah deh baru nangis.” Ejek Karis.
“Yah pokoknya gitu deh. Tau nggak kenapa aku bisa kuat?” tanya Ayunda ngajak bercanda.
“Aduh, Yunda. Udah deh jangan bercanda. Kamu gak inget juga apa ya, ada pr nui. Gak usah basa-basi napa.” Sela Putri.
“Aku udah ngerjain kok tadi malem.”
“Weijan, cowok baru bikin semangat nih keliataannya.” Puji Nita.
“Iya dums.”
“Sapa sih cowok yang bikin kamu berubah? Hepi banget.” Tanya Karis penasaran.
“Dia cowok yang rajin ke masjid. Aduh, ganteng banget. Ya gak ganteng sih bagi kalian, tapi bagi aku iya.” Jelasnya sambil memeluk dadanya dan senyum-senyum sendiri.
“Wah, anak alim ketemu Yunda, parah nih.” Celoteh Karis.
“Eh, enggak tauk. Tauu kan aku ngajar ngaji di masjid. Nah dia juga ngajar di pesantren kilat. Dia bagian yang ngajarin cerita nabi-nabi. Aku suka dia kalo dia udah cerita nabi-nabi bikin, aduh, gak karuan.”
“Kamu suka sama cowok gara-gara dia pinter nyeritain kisah nabi-nabi, Yun?” Karis membenarkan penjelasan Ayunda. Ayunda mengangguk-angguk semangat dan mata yang sengaja dikedip-kedipkan.
“Kok malah kayak di sinetron sih. Kayak ftv yang biasanya cookies di salah satu stasiun televisi swasta itu lho. Iih beneran deh, Yun. Kayak di sinetron sumpah.” Tambah Karis.
“Iii terus kata temen-temen di masjid, kalo aku habis sholat maghrib gitu aku sering liat ke dia. Batas masjid cowok-cewek dibatasin sama kaca kan.  Katanya temen-temenku, aku mesti liat dia sambil cium-cium kaca, nulis-nulis apa gitu gak jelas. Masak sih?” jelas Ayunda.
“Ya gak tahu to, Yun. Kan kita gak sholat di masjidmu.” Jawab Nita.
“Ya suruh aja temen-temenmu fotoin kamu waktu lagi kayak gitu. Oh ya, fotoin juga cowok yang kamu suka. Aku penasaran kayak gimana sih mukanya.” Tambah Putri.
“Mukanya di pipi ada jerawatnya dikit. Tapi lumayan lho.”
“Bu Ruji, Bu Ruji.” kata Izmed. Segera saja semua pr dimasukkan ke laci bawah meja.
*****
“Iiih, Kar. Aku tambah gilo ik nek Guna nge-bbm aku Cuma buat ngingetin kataku dulu waktu kelas 11. Dia ngirim-ngirim kata-kataku yang pokoknya ya gitu deh waktu aku masih sama Guna.” Kata Ayunda saat Karis main ke rumah Ayunda.
“Ya tinggal kamunya aja, Yun. Sekarang kebukti kan yang nyesel siapa? Lagipula sekarang kamu udah menemukan cowok yang pas, di masjid, tapi disisi lain Guna kayak gitu ke kamu. Terserah kamunya aja sih. Mau balikan atau cari yang lain.” Terang Karis.
“Iya ya. Lagipula aku udah capek sama Guna. Mending Erwin.”
“Namanya Erwin? Cowok yang pernah nolong kamu waktu ditabrak itu, Yun?”
“Iya, aku belum kasih tau ya? Ya itu Erwin itu yang nolong aku and aku suka sampe cium-cium kaca.”
“Mmm peje ki..peje..”
“Halah opo to. Oke deh ntar kapan-kapan ya peje ne.”
Dan sampai saat ini, hubungan Erwin dan Ayunda masih berlangsung dan semakin lancar-lancar saja. Sampai saat ini. Berjuanglah Ayunda. Jangan berlama-lama sakit hati, cari yang baru yang masih banyak dan lebih baik dari Guna. Longlast Ayunda.





















**THE END**

Postingan populer dari blog ini

DINAMIKA KETATANEGARAAN RI